Senin, 02 Juli 2012

Birokrasi Satu Pintu Untungkan Kota Zhuhai

Lima instansi dijadikan satu, kota ini berhemat hingga 11 persen.

Senin, 2 Juli 2012, 13:45 Denny Armandhanu
Situasi pelayanan di Public Resources Exchanges Center Zhuhai
Situasi pelayanan di Public Resources Exchanges Center Zhuhai (VIVAnews/Denny Armandhanu)

VIVAnews - Kemajuan dan pembangunan yang pesat di kota Zhuhai, provinsi Guangdong, selatan China, membuat para pejabatnya harus putar otak untuk memberikan pelayanan ekstra pada para investor.

Salah satunya adalah memotong birokrasi dari lima pintu menjadi satu pintu di satu atap yang sama. Lima kantor pelayanan yang dikawinkan bergerak di bidang sumber daya manusia, sumber daya tanah, pembangunan, keuangan, dan manajemen pengawasan aset. Ke-lima biro ini digabungkan menjadi satu pada tahun 2004 menjadi Public Resources Exchanges Center,
demi menghemat dan memudahkan para investor.

Selain menggabungkan birokrasi menjadi satu, Zhuhai juga membentuk 29 peraturan dan regulasi baru yang mendukung langkah tersebut. VIVAnews berkunjung ke Public Resources Exchanges Center di pusat kota Zhuhai pada Senin, 1 Juli 2012. Di dalam, deretan pegawai cantik duduk di belakang meja, siap untuk melayani penduduk yang datang.

Dengan teknologi touch screen canggih, tamu yang datang dapat memilih sendiri apa yang mereka cari. Ada lima pelayanan, yaitu sumber daya manusia, pusat perumahan, proyek pembangunan, pengadaan pemerintah, dan properti.

Bagi perusahaan yang ingin turut serta, bisa ikut dalam proses tender. Di sebuah papan besar, terdapat pengumuman tender yang bisa diikuti oleh semua orang dan kalangan, dari dalam dan luar negeri.

Seleksi pemenang tender tidak sembarangan. Di gedung ini ada tujuh ruangan evaluasi tender yang dipegang oleh tujuh kepala pemeriksa. Operasional penentu tender ataupun proyek lainnya dibagi tiga, yaitu tim pengawas, pengambil keputusan dan pelaksana. Ketiganya saling mengawasi, mencegah adanya korupsi dan suap.

Berebut tender adalah yang paling menggiurkan di bekas desa nelayan ini. Pembangunan dapat dilihat di seantero kota, mengisyaratkan proyek miliaran dolar bagi perusahaan kontraktor dan pembangun dari seluruh dunia. Diapit oleh Makau dan Hong Kong, Zhuhai sangat menjanjikan.
Direktur Public Resources Exchanges Center Service, Wu Yongyi, mengatakan bahwa menurut statistik Agustus 2006 hingga April 2012, terdapat 35.555 transaksi dengan volume perdagangan mencapai 138,209 miliar yuan. Volume perdagangan ini dibagi 11,369 miliar yuan untuk lembaga keuangan lokal dan 14,125 miliar yuan adalah keuntungan kota.
"Keuntungan tahunan yang disumbangkan oleh kantor ini mendekati 4 miliar yuan," kata Wu.

Dia juga mengatakan bahwa dengan birokrasi satu pintu ini, pemerintah kota menghemat 9,36-11,94 persen. Keuntungan pada transaksi properti dan perumahan yang ditangani oleh Public Resources Exchanges Center mencapai 13,956 miliar yuan.

"Proses tender berlangsung dengan adil tanpa membedakan perusahaan asing atau domestik. Asal memenuhi persyaratan, semua bisa ikut," tegas Wu. (umi)